Selasa, 07 Juli 2015

Empunya Ultraman Hadir di Google Doodle




Ada yang seru di laman utama Google hari ini, Selasa (7/7). Google Doodle menghadirkan ilustrasi interaktif terbaru dalam rangka memperingati ulang tahun ke-114 Eiji Tsuburaya.

Pria ini merupakan salah satu sutradara ikonik yang terkenal sebagai pencipta berbagai karakter kenamaan. Salah satu yang paling tenar yaitu Ultraman. Karyanya yang satu ini berhasil mencetak sejarah sebagai serial televisi live-action pertama dari Jepang yang diekspor dan ditayangkan di seluruh dunia.

Seperti disampaikan di laman keterangan Google, setelah bertahun-tahun menggeluti bisnis monster, Tsuburaya mendirikan studio sendiri bernama Tsuburaya Productions.

Dalam proses pembuatan Google Doodle, para pembuat Doodle kali ini, Jennifer Hom, Mark Holmes dan Olivia Huynh berkesempatan mengunjungi langsung studio ini.

"Sangat luar biasa bagi saya untuk melihat betapa hasil karyanya masih bertahan hingga saat ini. Sangat mudah melihat sisa-sisa dari gaya Tokusatsu di Pacific Rim-nya Benicio Del Toro, Evangelion dan bahkan Power Rangers," ungkap Jennifer Hom.

Masing ingat kan ketika Ultraman menghadapi monster-monster besar mengerikan? Ada sebuah trik yang digunakan Eiji yang unik dan tak membutuhkan biaya besar. Ia membuat gedung-gedung bertingkat dari karton, membuatnya sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah kota dan memakai beberapa action figures, seperti ini.


Hasilnya, tak perlu budget besar dan memakai CGI untuk menghasilkan monster besar mengerikan yang menghancurkan seluruh kota. Teknik ini pun akhirnya mendunia dan menginspirasi film-film lainnya seperti PACIFIC RIM (Benicio Del Toro), EVANGELION, POWER RANGERS dan GODZILLA.

Bahkan lewat kreativitasnya dalam GODZILLA, Eiji mendapatkan Film Technique Awards untuk pertama kalinya. Ia juga dipercaya untuk menjadi Kepala Toho's Visual Effects di Jepang yang didirikannya pada 1939. Dengan segala keterbatasan teknologi pada era Perang Dunia I,Eiji buktikan bahwa ia masih bisa berkarya dan menginspirasi hingga kini. Ayo, jangan mau kalah!

Berita Terkait: http://www.bintang.com/lifestyle/read/2218389/google-doodle-peringatan-hari-bumi-dari-tahun-ke-tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar